Pilih Pipa Atau Talang Untuk NFT?


Pilih Pipa Atau Talang Untuk NFT?

how-to-build-a-hydroponic-system1.jpg

Talang Hujan Kotak


Biasanya di Indonesia, pekebun NFT paling sering menggunakan talang hujan. Talang hujan banyak dipilih karena dasarnya yang rata. Dengan ratanya dasra talang, aliran air cenderung membentuk lapisan tipis seperti film. Tipisnya aliran membuat oksigen lebih mudah terdifusi sehingga respirasi akar tanaman lancar dan tanaman tumbuh lebih cepat.
Talang%2BAir%2BPersegi.jpg
Talang hujan yang sering dipakai adalah talang kotak yang berukuran 12 cm. Biasanya pekebun memodifikasi talang dengan bahan 4 talang menjadi 3 bendengan. Satu talang dibelah menjadi tiga bagian untuk menjadi tutup dari 3 talang.
GullyTalang-500x500.jpg
Talang hujan banyak dipilih karena pembersihan dan perawatannya mudah dibanding paralon

Pipa Paralon


Pipa paralon merupakan solusi bagi yang ingin membangun kebun hidroponiknya tetapi dengan biaya yang lebih murah. Pemasangan dan pengerjaan pipa paralon menjadi bendengan NFT lebih cepat dan mudah. Penataan dan penempatan paralon lebih fleksibel ketimbang talang karena bentuknya yang bulat rigid dan kompak.
menanam-sayur-dengan-paralon.jpg
Sebaiknya pilihlah pipa berukuran 3" - 4" agar ruang perakarannya luas sehingga aliran tidak terlalu menggenang dan masih membentuk aliran tipis. Dan paralon yang digunakan sebaiknya pilih pipa yang jelas kualitasnya dan memiliki ketebalan tipe D atau AW karena digunakan outdoor.

11092932_10204874099545343_226333931_n.j
Untuk perawatan pembersihan paralon memang agak ribet dibanding talang. Solusinya anda bisa membelah paralon dari arah jam 10 hingga jam2. Paralon akan terbelah menjadi 2 sisi, sisi kecil sebagai tutup dan sisi besar sebagai bendengan sehingga pembersihannya lebih mudah.




by : Almiansyah Em